Monday, 27 April 2015

Komputer Grafis 9

Kembali pada pembahasan komputer grafis yaitu pada pertemuan 9. Pada pertemuan ini dibahas mengenai cara membuat grafik dua dimensi menjadi animasi. Langsung saja kita bahas mengenai pembuatan animasi yang akan berguna untuk pembuatan project akhir.


Animasi yang akan dibuat adalah rotasi pada objek bintang yang pernah kita buat pada pertemuan yang lalu (pertemuan 7 paling lengkap mengenai bintang). Animasi dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan proses looping dan cara kedua adalah dengan menggunakan objek timer yang telah disediakan pada delphi. Penulisan kode program untuk cara pertama adalah sebagai berikut:


Cara di atas adalah dengan melakukan looping for untuk menggambar seolah-olah objek bola bergerak. Maka dari itu jika kita perhatikan maka di awal dari looping for kita masukkan script untuk menghapus, gunanya adalah untuk menghapus gambar yang sudah digambar sebelumnya. Untuk menggambar animasi dalam grafik maka diperlukan yang namanya repaint dan sleep. Jika pada animasi teks tidak diperlukan. Untuk itu kita gunakan repaint untuk menggambar dan sleep untuk memberi jedah sebentar agar gambar dapat dilihat oleh mata kita sebelum dihapus pada awal looping for.

Cara kedua adalah dengan menggunakan objek timer. Cara ini yang akan kita gunakan pada praktikum pertemuan 9 ini mengenai animasi, penulisannya adalah sebagai berikut:


Dapat kita lihat bahwa looping for pada cara 1 digantikan dengan timer. Pada timer yang perlu diperhatikan adalah enabled true atau false, yang artinya jika timer enabled false maka timer dianggap tidak berjalan, jika true maka akan bergerak atau melakukan looping. Yang perlu diperhatikan lagi adalah properties interval, di mana interval ini akan mengatur kecepatan pergerakan dari timer, timer ini dalam satuan milisecond.

Langsung kita bahas mengenai praktikum pembuatan animasi pada objek 2 dimensi yaitu bintang:
Langkah 1: Siapkan halaman kerja dengan objek-objek seperti berikut:


Lembar kerja ini dapat di kembangkan dari pertemuan 7 yang telah kita buat. Yang perlu ditambahkan adalah objek yang diberi warna dan anak panah. Pada posisi ini, ketiga objek timer diatur agar properties untuk enabled adala false. Jadi ketika program dijalankan, maka timer-timer tersebut tidak dalam posisi aktif melainkan dalam posisi off atau tidak aktif.

Selanjutnya kita akan langsung membahas kode program perobjek yang ditambahkan untuk membuat animasi. Selanjutnya kita akan membahas kode program untuk button Animasi Rotasi.

Langkah 2: Kode program button Animasi Rotasi dan timer 1 (tm1)


Dapat kita lihat dari kode program di atas, kita menuliskannya untuk button Animasi Rotasi hanya mengatur agar timer 1 yaitu tm1 mempunyai enabled yang true. Selanjutnya untuk menggambar, kode untuk menggambar dituliskan pada timer. Kode program yang di tulis ini merupakan kode program yang sama persis dengan kode program yang kita gunakan untuk membuat bintang rotasi. Hanya dituliskan di bagian procedur timer ini maka akan membuat objek bintang berputar tanpa kita harus menekan button rotasi tanpa henti.

Selanjutnya untuk mengatur button Stop/Start berikut ini kode programnya:


Kita hanya perlu menuliskan kode program seperti di atas yang artinya jika timer dalam posisi enabled true maka akan dihasilkan nilai bukan (not) true yaitu false. Jika nilai false maka akan menghasilkan nilai bukan (not) false yaitu true. Hasilnya ketika dijalankan adalah sebagai berikut:


Tampilannya:


Tampilan di atas sebenarnya bergerak terus hanya saja jika di screen shoot tentunya tidak akan bergerak.

Langkah 3: Penulisan kode program untuk button Animasi Pivot Point yaitu untuk rotasi di tempat.


Dari kode program di atas, kita akan menghasilkan bintang yang otomatis berputar pada porosnya. Tampilannya adalah sebagai berikut:


Hasil saat button Animasi Pivot Point diklik:


Gambar tampilan di atas juga sebenarnya bintang bergerak berputar terus di tempatnya. Hasilnya dapat dilihat ketika kita praktekkan di delphi. Selanjutnya kita akan membahas satu Button lagi yaitu Button Rotasi + Komposit. Button ini berfungsi untuk membuat bintang berotasi sekaligus berputar di tempatnya. Jadi bisa dikatakan ini adalah campuran antara rotasi dan komposit rotasi.

Langkah 4: Membuat prosedur untuk button Rotasi + Komposit, tm3, dan Stop/Start





Dari kode program di atas kita dapat mengetahui bahwa bintang dirotasi dulu bersama dengan pivot pointnya. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan rotasi komposit agar bintang berputar juga di tempat. Tampilannya sebagai berikut:



Bitang terlihat rotasi sambil berputar pada titik pusatnya.

Pada Ketiga Button yang kita bahas, jika button Stop/Start ditekan maka pergerakan dari objek bintang akan berhenti, jika ditekan lagi maka akan lanjut bergerak berputar.

Sekian dulu pembahasan mengenai animasi yang dilakukan pada pertemuan 9 ini. Terimakasih untuk para pembaca. 

Semoga bisa bermanfaat.. ^.^

No comments:

Post a Comment