Thursday 19 November 2015

Pengolahan Citra 1: Pixel Grabber

Halo... Halo... Lama tidak post karena jadwal yang makin padat. Tapi pada kesempatan kali ini, saya akan coba untuk memberikan pembahasan untuk Pengolahan Citra menggunakan Java. Jika pada artikel-artikel sebelumnya kita membahas Komputer Grafis, maka mulai dari artikel ini sampai dua belas aartikel ke depan akan dibahas seputar Pengolahan Citra menggunakan bahasa pemrograman Java (Console). Langsung saja kita mulai pembahasannya:

Pada pertemuan 1 pengolahan citra ini, disepakati agar kita menggunakan pemrograman java console. Untuk itu, bagaimana cara kita mengcompile program nantinya akan kita bahas dalam pertemuan pertama ini. Untuk mengcompile program, berikut adalah langkah-langkahnya: 

Buka Command Prompt:


Pada command prompt, kita berada dalam drive/direktori C 


Pindahkan ke drive D dengan mengetikkan “D:” tanpa tanda kutip karena file kita simpan di drive D


Pindahkan ke drive/direktori di mana kita menyimpan file pengolahan citra kita (file.java) dengan perintah “cd” tanpa tanda kutip dan diikuti dengan nama subfolder dari drive D



Coba tes dengan mengetikkan “javac” tanpa tanda kutip:


Pengaturan atau set path dengan penulisan:
set path=%path%;”c:\Program Files\Java\jdk1.8.0_60\bin”




Coba ketikkan “javac” lagi tanpa tanda kutip



Dengan begitu kita sudah dapat mengcompile file berekstensi java nantinya dengan format “javac nama_file.java” tanpa tanda kutip

Untuk melihat hasilnya dalam tampilan web kita gunakan applet viewer dengan penulisan: “appletviewer nama_file.html” tanpa tanda kutip


Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kita sudah bisa mengcompile dan melihat hasilnya setelah membuat program java untuk pengolahan citra. Berikutnya kita akan langsung membahas program yang akan dibuat. Berikut ini adalah source programnya:




Pada baris ke 16, untuk Mickey0.jpg disesuaikan dengan nama gambar yang akan kita sertakan dalam praktikum ini. Selanjutnya, kita akan melakukan compile terhadap file java yang telah kita buat seperti source code di atas.


Setelah kita lakukan hal di atas (compile program), maka kita telah mendapatkan file.class, yaitu NgeGrabPixel.class. selanjutnya, kita akan membuat source code html untuk tampilan yang akan ditampilkan dari program java yang telah kita buat. Kita akan menampilkan hasilnya nanti dengan menggunakan applet yaitu appletviewer. Berikut ini adalah source code dari file html yang kita buat:


Kita menampilkan hasilnya dengan bantuan tag <applet> … </applet>

Dan ketika dijalankan, maka hasilnya adalah sebagai berikut:



Demikian untuk pembahasan hasil praktikum pada pertemuan 1 pengolahan citra. Penjelasan lebih lanjutnya akan kita dapatkan pada pembahasan pertemuan berikutnya (pertemuan 2). 











No comments:

Post a Comment