Monday 11 May 2015

Komputer Grafis 11

Transformasi pada Objek 3 Dimensi

Kembali pada pembelajaran komputer grafis pada pertemuan 11. Pertemuan 11 ini akan dibahas mengenai transformasi untuk objek 3 dimensi. Berbicara transformasi yang dimaksud adalah transformasi geometri. Dalam transformasi geometri kita mengenal adanya translasi, scaling, dan rotasi. Jadi yang akan kita bahas pada pertemuan 11 ini adalah translasi, scaling, dan rotasi untuk objek 3 dimensi dalam hal ini kita gunakan objek kubus. Langsung saja kita bahas sedikit teori yang dapat kita gunakan pada saat melakukan praktek nantinya.

Translasi

Pada dasarnya, translasi merupakan suatu pergeseran. Jika pada objek 2 dimensi kita melakukan translasi pada sumbu X dan sumbu Y, maka dalam objek 3 dimensi kita akan melakukan pada tiga sumbu, yaitu X, Y, dan Z. Kita dapat melakukan translasi pada salah satu sumbu saja, misalnya hanya pada sumbu X, atau hanya pada sumbu Y dan atau hanya pada sumbu Z. Kita juga dapat melakukan translasi langsung pada ketiga sumbu. Rumus untuk melakukan translasi pada grafik 3 dimensi sama dengan translasi pada grafik 2 dimensi yaitu:

Scaling


Scaling merupakan suatu perbesaran atau perkecilan dari suatu objek. Sama halnya dengan translasi, scaling juga bisa dilakukan terhadap salah satu sumbu saja ataupun langsung pada ketiga sumbu secara langsung. Rumus untuk melakukan scaling pada grafik 3 dimensi sama dengan scaling pada grafik 2 dimensi yaitu:


Rotasi

Rotasi merupakan suatu proses perputaran objek. Berbeda dengan translasi dan scaling yang bisa diterapkan langsung pada ketiga sumbu, pada rotasi kita harus memilih rotasi hanya pada sumbu X, sumbu Y, atau sumbu Z. Rumus untuk rotasi pada setiap sumbu tidak sama. Berikut ini adalahh rumusnya:



Setelah kita mendapatkan rumus di atas, maka kita sudah bisa melakukan transformasi pada grafik 3 dimensi pada delphi. Langsung saja kita bahas pembuatan transformasi geometri pada grafik 3 dimensi.

Langkah 1: Buat tampilan seperti di bawah ini


Untuk membuat tampilan seperti di atas, maka hanya perlu sedikit merubah dari yang telah dibuat pada pertemuan 10.

Langkah 2: Membuat kode program pada button translasi





Langkah 3: Membuat kode program untuk button scaling





Langkah 4: Membuat kode program pada button Rotasi SbX





Langkah 5: Membuat kode program pada button Rotasi SbY





Langkah 6: Membuat kode program pada button Rotasi SbZ





Langkah 7 : Tampilan Program Translasi



Langkah 8: Tampilan Program Scaling dari tampilan translasi sebelumnya


Langkah 9 : Tampilan Program Rotasi Sumbu X


Langkah 10 : Tampilan Program Rotasi Pada Sumbu Y


Langkah 11 : Tampilan Program Rotasi Pada Sumbu Z


Sekian pembahasan mengenai Transformasi Geometri pada grafik 3 Dimensi. 

Terimakasih kepada para pembaca.. Semoga bisa bermanfaat ^.^ 

No comments:

Post a Comment