Transformasi pada Objek 3 Dimensi
Kembali
pada pembelajaran komputer grafis pada pertemuan 11. Pertemuan 11 ini akan
dibahas mengenai transformasi untuk objek 3 dimensi. Berbicara transformasi yang
dimaksud adalah transformasi geometri. Dalam transformasi geometri kita
mengenal adanya translasi, scaling, dan rotasi. Jadi yang akan kita bahas pada
pertemuan 11 ini adalah translasi, scaling, dan rotasi untuk objek 3 dimensi
dalam hal ini kita gunakan objek kubus. Langsung saja kita bahas sedikit teori
yang dapat kita gunakan pada saat melakukan praktek nantinya.
Translasi
Pada dasarnya,
translasi merupakan suatu pergeseran. Jika pada objek 2 dimensi kita melakukan
translasi pada sumbu X dan sumbu Y, maka dalam objek 3 dimensi kita akan
melakukan pada tiga sumbu, yaitu X, Y, dan Z. Kita dapat melakukan translasi
pada salah satu sumbu saja, misalnya hanya pada sumbu X, atau hanya pada sumbu
Y dan atau hanya pada sumbu Z. Kita juga dapat melakukan translasi langsung
pada ketiga sumbu. Rumus untuk melakukan translasi pada grafik 3 dimensi sama
dengan translasi pada grafik 2 dimensi yaitu:
Scaling
Scaling
merupakan suatu perbesaran atau perkecilan dari suatu objek. Sama halnya dengan
translasi, scaling juga bisa dilakukan terhadap salah satu sumbu saja ataupun
langsung pada ketiga sumbu secara langsung. Rumus untuk melakukan scaling pada
grafik 3 dimensi sama dengan scaling pada grafik 2 dimensi yaitu:
Rotasi
Rotasi
merupakan suatu proses perputaran objek. Berbeda dengan translasi dan scaling
yang bisa diterapkan langsung pada ketiga sumbu, pada rotasi kita harus memilih
rotasi hanya pada sumbu X, sumbu Y, atau sumbu Z. Rumus untuk rotasi pada
setiap sumbu tidak sama. Berikut ini adalahh rumusnya:
Setelah
kita mendapatkan rumus di atas, maka kita sudah bisa melakukan transformasi
pada grafik 3 dimensi pada delphi. Langsung saja kita bahas pembuatan
transformasi geometri pada grafik 3 dimensi.
Langkah 1: Buat tampilan seperti di bawah
ini
Untuk
membuat tampilan seperti di atas, maka hanya perlu sedikit merubah dari yang
telah dibuat pada pertemuan 10.
Langkah 2: Membuat kode
program pada button translasi
Langkah 3: Membuat kode program untuk button scaling
Langkah 4: Membuat kode program pada
button Rotasi SbX
Langkah 5: Membuat kode program pada
button Rotasi SbY
Langkah 6: Membuat kode program pada
button Rotasi SbZ
Langkah 7 : Tampilan Program Translasi
Langkah 8: Tampilan Program Scaling dari
tampilan translasi sebelumnya
Langkah 9 : Tampilan Program Rotasi Sumbu
X
Langkah 10 : Tampilan Program Rotasi Pada
Sumbu Y
Langkah 11 : Tampilan Program Rotasi Pada
Sumbu Z
Sekian
pembahasan mengenai Transformasi Geometri pada grafik 3 Dimensi.
Terimakasih kepada para pembaca.. Semoga bisa bermanfaat ^.^
No comments:
Post a Comment