Kembali
pada pembahasan komputer grafis yaitu pada pertemuan 10. Pada pertemuan ini
dibahas mengenai cara membuat grafik proyeksi perspektif. Pada pertemuan 8 kita
sudah membahas bahwa proyeksi terdiri atas dua jenis yaitu paralel yang sudah
kita pelajari pada pertemuan 8, dan jenis kedua adalah proyeksi perspektif yang
akan kita bahas pada pertemuan ini.
Berbicara
soal perspektif, jika kita masih ingat, maka yang terlintas dalam pemikiran
kita adalah benda semakin jauh terlihat semakin kecil. Ya, kebenarannya seperti
itu. Benda yang kita lihat sejajar sumbu z semakin jauh benda itu maka jatuhnya
benda di bidang perspektif akan semakin kecil. Mata manusia melihat bidang
perspektif. Untuk itu, perspektif ini dipengaruhi oleh jarak mata ke bidang
perspektif. Dua benda yang sama besar jika diletakkan berbeda jarak sumbu z maka
benda yang berada di belakang benda tersebut akan lebih kecil. Berikut ini
gambar yang kiranya dapat mewakilkan penjelasan di atas:
Dari gambar di atas kita bisa melihat mengapa
benda yang paling belakang atau yang lebih jauh bisa terlihat lebih kecil
daripada benda yang letaknya lebih dekat dengan mata kita padahal kedua benda
sama ukurannya. Kedua benda memiliki sumbu X, Y dan Z, sedangkan bidang
proyeksi hanya memiliki sumbu X dan Y yang kita kenal dengan Xproyeksi dan
Yproyeksi. Proyeksi perspektif ini sebenarnya yang lebih sesuai karena sama
seperti aslinya yaitu mata kita yang melihat semakin jauh benda, ukurannya
seolah-olah semakin kecil.
Dari
gambaran mengenai perspektif di atas, didapatlah rumus berikut untuk menghitung
Xproyeksi da Yproyeksi:
Dari
rumus yang diperoleh di atas, dapat kita lihat dua persyaratan yang harus
diperhatikan yaitu:
- Nilai M tidak boleh bernilai NOL, karena jika nilai Z dibagi dengan M yang bernilai NOL maka hasilnya akan eror.
- Nilai M tidak boleh sama dengan Z karena jika nilai M sama dengan Z maka akan menghasilkan nilai 1, jika 1 dikurang 1 hasilnya akan NOL, nilai X atau Y dibagi dengan NOL akan eror juga.
Langkah 1: Membuat tampilan program
Tidak
banyak yang kita ubah dari program yang telah kita buat pada pertemuan 8, kita
dapat menggunakan program yang telah kita buat pada pertemuan 8 yang lalu, kita
hanya peru menambahkan label untuk M dan edit box untuk nilai M dan Button
perspektif, sehingga tampilannya seperti berikut:
Langkah 2: menulis kode program button
perspektif
Langkah 3: Menjalankan Program &
melihat hasil
Dari
hasil tampilan di atas, dapat kita lihat bahwa sisi bagian merah terlihat lebih
kecil seperti itulah pembuatan perspektif. Jika tampilan kubus di tengah maka
dapat kita lihat sebagai berikut:
Sekian
pembahasan mengenai proyeksi perspektif ini pada pertemuan 10 ini. Terima kasih untuk para pembaca dan pengunjung.
Semoga bisa bermanfaat ^.^
No comments:
Post a Comment