Halo semua... berhenti menulis beberapa saat karna lagi ujian, sekarang kita kembali
pada Komputer Grafis Pertemuan 8. Pada pertemuan 8 ini kita mulai membahas
mengenai bangun tiga dimensi. Jika pada pertemuan sebelumnya telah banyak
dibahas mengenai bangun dua dimensi sampai pada komposit, maka sekarang ini
akan mulai dibahas mengenai bangun tiga dimensi. Seperti apa penjelasannya dan
jalannya program, berikut ini pembahasannya:
Pembahasan
mengenai grafik tiga dimensi akan bersangkutan dengan proyeksi. Proyeksi ada
dua jenis yaitu proyeksi paralel dan proyeksi perspektif. Pada pertemuan ini
akan dibahas mengenai proyeksi paralel. Pengertian proyeksi dalam grafik tiga
dimensi adalah bagaimana memetakan suatu bangun yang dianggap tiga dimensi pada
tempat dua dimensi.
Teori
singkatnya adalah ketika kita mempunyai suatu balok, dan balok tersebut kita
letakkan tepat di depan mata kita dan sejajar dengan tinggi mata kita. Berapa
banyak sisi balok yang dapat kita lihat? Jawabannya adalah 1, yaitu sisi depan
balok yang berhadapan dengan mata kita. Jika balok tersebut dari posisi awal
tepat di depan mata kita digeser ke atas atau bawah, maka yang terlihat adalah
dua sisi, yaitu sisi yang kita anggap depan karena berhadapan langsung dengan
mata kita dan yang satu lagi adalah sisi atas balok jika digeser ke bawah atau
sisi bawah balok jika digeser ke atas. Jika balok dari posisi tepat di depan
mata kita digeser ke kiri atau ke kanan, maka kita juga akan melihat dua sisi
yaitu sisi depan dan sisi kiri atau kanan.
Dari analisa tersebut
didapatlah konsep untuk menggambarkan grafik tiga dimensi dalam komputer
grafis. Jika pada jaman dahulu kita di bangku sekolah dasar diminta untuk
membuat sebuah kubus dengan panjang 2cm, lebar 2cm, dan tinggi 2cm maka setelah
digambar bentuknya bukan lagi kubus, jika dilihat gambar akan lebih menyerupai
balok. Berarti untuk menggambarkan tepat bahwa objek adalah kubus tergantung
dari sudut pengihatan. Diilhat dari atas atau bawah, dari kiri atau kanan,
semua sisi tersebut sangat harus diperhatikan sudutnya. Sehingga dalam
menggambar objek tiga dimensi pada komputer grafis, dibedakan menjadi dua
sudut. Dan rumusnya untuk menentukan titik x proyeksi dan y proyeksi adalah
dengan rumus:
Rumus
tersebut yang akan kita gunakan untuk membuat program menggambar grafik tiga
Dimensi. Pada pertemuan ini akan dibahas mengenai pembubatan bangun ruang
kubus. Langsung saja kita bahas kegiatan yang dilakukan selama praktikum pertemuan
8 ini.
Langkah
1:
Buatlah
form seperti tampilan di bawah ini:
Untuk
keterangan setiap objek yang lainnya sama, untuk yang perlu diubah sudah
diberikan keterangan langsung pada gambar.
Langkah
2:
Deklarasi
variable dan record yang dibutuhkan:
Membuat garis bantu saat form show (sama seperti
pembahasan pada saat membuat grafik atau gambar 2 dimensi). Berikut ini adalah
kode program untuk membuat garis bantu:
Selanjutnya
kita akan bermain dalam prosedur untuk button gambar.
Langkah
3:
Membuat
prosedur untuk button gambar, dalam button gambar ini dapat dikatakan sebagai
inti dari jalannya program ini. Ketika button gambar di klik maka sebelum
menggambar, perhitungan seperti mencari L1 , Xp, dan Yp dicari terlebih dahulu.
Berikut ini adalah kode programnya:
Pada prosedur hapus di atas pembuatannya sama
dengan waktu kita membuat grafik dua dimennsi pada pertemuan-pertemuan
sebelumnya. Hanya ditambahkan penulisan kode program untuk membuat nilai
editbox pada P1 sampai P8 bernilai nol. Selanjutnya akan dibahas mengenai
penggunaan Trackbar. Yaitu pada TrackBar1 dan TrackBar2:
Ketika
tombol gambar di klik maka akan muncul objek kubus di mana P1 sampai P4 akan
menghasilkan sisi depan ditandai garis yang berwarna merah, P5 sampai P8 akan
menghasilkan sisi belakang dengan warna biru, dan garis penghubung dua sisi
yang disebut rusuk yang ditandai dengan warna hijau dan hitam. Pergerakan pada
kedua track bar akan mengubah angka pada editbox alpha dan psi.
Sampai
di sini dulu pembahasan pada pertemuan 8 untuk menggambar grafik tiga dimensi dengan
proyeksi paralel. Pembahasan selanjutnya akan semakin seru.
Terimakasih untuk para pembaca.. ^.^
Semoga bisa membantu..
No comments:
Post a Comment