Thursday 12 February 2015

Komputer Grafis 1

Pertemuan 1: 

Pada pertemuan pertama untuk kelas Komputer Grafis, mahasiswa 4MTI1 baru mempelajari sebagian kecil dari apa yang dimaksud dengan komputer grafis, perbedaan dengan pengolahan citra.

Pada saat praktikum berlangsung, untuk pertemuan pertama ini masih membahas seputar perkenalan dengan program yang akan digunakan untuk mendukung proses pembelajaran mata kuliah Komputer Grafis yaitu Delphi 7.

Pada pertemuan 1 ini masih dijelaskan bagaimana menggunakan Delphi7. Untuk memulai penggunaan Delphi7, berikut ini langkah-langkahnya:


Step 1:



Klik menu start windows >> pililh Delphi7 yang ada di Start Menu seperti gambar di atas.

Step 2:



Tunggu proses Borland Delphi 7 yang telah di klik, jika ada kotak dialog seperti gambar di atas pilih No saja lalu tunggu proses load Borland Delphi 7.

Step 3:


Gambar di atas merupakan tampian awal saat kita membuka Delphi 7. Setiap kali kita membuka Delphi / membuat suatu project, kita selalu dibekali dengan tampilan awal Form dan Unit. Langkah selanjutnya, ada baiknya kita melakukan save data terlebih dahulu.

Step 4:


Klik File >> Save All >> Selanjutnya kotak dialog Save all akan muncul seperti gambar di bawah ini:


Hati-hati saat melakukan save seperti gambar di atas, perlu diperhatikan file apa yang kita save seperti yang sudah diberi tanda pada gambar di atas, kita akan melakukan save untuk unit1. Biasanya Unit 1 ini diberi nama dengan nama file Utama atau boleh juga diberi nama Main. Disebut utama, karena melalui form ini nantinya akan bisa memanggil form-form lainnya. Jika sudah sama seperti gambar di atas, maka klik save satu kali saja, karena saat tombol save di klik, proses save belum selesai, masih ada satu kotak dialog save lagi yang perlu dieksekusi. Tampilannya seperti gambar di bawah ini:


Perhatikan pada gambar di atas yang diberi tanda merah. Setelah kita melakukan “Save Unit1 As” tadi, kotak dialog selanjutnya yang langsung muncul adalah “Save Project1 As”. Pada penjelasan di atas telah disampaikan bahwa harus hati-hati saat melakukan save pada unit, cukup klik satu kali tombol save karena kotak dialog save project akan langsung muncul, save file untuk unit dan project untuk form designer tidak boleh menggunakan nama file yang sama. Jika sudah, klik Save.

Setelah selesai melakukan save, buka folder penyimpanan project tersebut:


Sudah terdapat 6 buah file. Untuk membuat project yang lain, disarankan untuk membuat folder baru setiap membuat project baru. Jika melaukan praktikum ke dua, maka buatlah folder praktikum kedua untuk satu project. Jika pada praktikum kedua membuat 3 project maka buatlah folder sebanyak 3 folder.

Jika sudah melihat folder praktikum 1, kita kembali ke program Delphi 7, dan coba kita lakukan compile dengan klik lambang play hijau yang ada di bagian toolbar. Setelah melakukan compile, coba cek lagi folder praktikum 1.

Berikut gambar yang menunjukkan proses tersebut di atas:


Hasil compile:


Setelah melakukan compile, cek lagi folder praktikum 1:


File bertambah 2, yaitu file Praktikum1.exe dan Utama.dcu.

Berikut ini keterangan dari beberapa ekstensi file yang ada:

.dpr yaitu file Project yang berisi program utama dari aplikasi.
.pas yaitu file Unit yang digunakan untuk menangani kejadian (event) pada form.
.dfm yaitu file Form yang berisi daftar komponen berikut properti-propertinya.
.res yaitu file Resources yang berisi sebuah icon yang digunakan oleh project.
.dof yaitu file Options merupakan file yang berisi option-option dari suatu project yang dinyatakan melalui peprinta Options dari menu project.
.dcu yaitu file Unit Object merupakan file unit (.pas) yang telah dikompilasi oleh compiler yang akan dihubungkan dengan file ekseusi.
.exe yaitu file executable yang dibentuk oleh compiler dan merupakan file eksekusi (executable) dari program aplikasi. 

Selanjutnya akan memulai untuk membuat project pertama di pertemuan 1 ini:

Untuk melihat script yang ada pada form, kita dapat menekan tombol F12 dari keyboard, maka kotak dialog Unit yang memuat script program akan muncul.


Pada gambar di bawah ini, ada baiknya agar tidak dilakukan pengeditan script bagi yang baru menggunakan program ini (bagian yang diberi kotak merah)


Praktikum pertama dimulai dengan mengisikan objek label ke dalam form:


Setelah klik pilihan label tersebut, klik satu kali pada form maka form label akan muncul di form:


Ubah nama form label, pada pojok kiri bawah ada kotak dialog Object Inspector, cari properties Name dan ubah menjadi nama Label_Nama


Ubah Caption label menjadi nama sendiri (bebas), cari properties Caption:


Kita juga bisa mengubah font dari label tersebut, dengan mengubah properties Font:


Lakukan hal yang sama untuk menambah Button dan tools-tools lainnya, contoh kita akan menambahkan Button ganti properties Name dan Captionnya:


Selanjutnya, button ganti akan diberikan event yaitu onclick, ketika di klik akan merubah tulisan yang ada pada label nama, untuk merubah nama dan caption ada di kolom properties, untuk mengisi event ada di kolom bagian events, klik events >> onclick:


Setelah double click pada area isian yang kosong, maka kotak dialog unit akan keluar. Untuk mengisi event pada suatu objek bisa dengan cara double click pada objek yang ingin diberikan event.


Isi tempat yang diberi teks merah dengan script: Label_Nama.Caption := ‘Novianto (Setelah Klik Ganti)’;


Untuk cek apakah berhasil atau tidak event button on click, lakukan compile/run:


Klik Button Ganti. Lihat apakah Label Nama berubah isinya saat button ganti diklik:


Selanjutnya kita tambahkan button hapus untuk menghapus teks. Caranya sama:


Coba untuk di compile lagi:


Setelah tombol hapus di klik, maka Label Nama akan terhapus / hilang:


Tambahkan tombol untuk exit dari program dengan script berikut:


Saat tombol exit di klik, akan keluar dari aplikasi tersebut. Berikutya akan membuat hitungan di bawahnya yaitu penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.

Dimulai dari penjumlahan:

Buat 4 buah tools label, 2 buah tools edit, dan 3 button untuk penjumlahan, pengurangan dan perkalian. Tampilannya sebagai berikut:


Sebelum terlupakan, sebagai selingan, setiap kali kita menambahkan obek, jika kita lihat pada form Utama.pas bagian type selalu bertambah:


Kembali ke script penjumlahan, berikut adalah cara deklarasi variabel:


Selanjutnya akan diberikan event klik pada button penjumlahan dan menulis script:


Untuk mengisi button pengurangan dan perkalian pun sama, hanya berbeda di perhitungan variabel c. pada tahap berikutnya akan ditampilkan gambar untuk script pengurangan. Jika gambar-gambar script tidak jelas terlihat, pada akir pembahasan laporan ini akan dilampirkan full scriptnya.

Pengurangan:



Dari gambar di atas bisa dilihat bahwa script programnya sama hanya berbeda tanda tambah menjadi tanda kurang. Berikutnya adalah menambahkan Button untuk perkalian.

Berikut ini gambar petunjuknya:



Hanya berbeda pada tanda yaitu diganti dengan tanda kali.

Berikut ini adalah contoh hasil penjumlahan saat di compile:



Berikut ini adalah contoh hasil pengurangan saat di compile:



Berikut ini adalah contoh hasil perkalian saat di compile:


oke, bagi yang mungkin kurang paham pada penulisan kode programnya, di bawah ini dilampirkan juga kode programnya.

Berikut ini adalah penulisan script Program untuk project di pertemuan 1:


Demikian pertemuan 1 untuk Komputer Grafis ini, nantikan postingan pertemuan-pertemuan selanjutnya ya.. 

Semoga bisa bermanfaat..

No comments:

Post a Comment